CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Sabtu, 07 Februari 2009

PERANGKAT LUNAK DAN PROGRAM APLIKASI PENGOLAH ANGKA

Posted by : Bima .A.

Perangkat teknologi Informasi dan Komunikasi yang bekerja dalam penggunaan perangkat keras disebut dengan perangkat lunak. Spreadsheet adalah sebuah program yang diciptakan untuk mengolah data angka.

Hubungan program pengolah angka sistem operasi user adalah pelaksana yang mengendalikan kerja komputer dari luar. Segala perintah yang diberikan oleh user kepada komputer tersebut diterima dan di koordinir dari dalam oleh operating system dan program aplikasi yang dijalankan sangan tergantung pada tingkatan microprosesor yang digunakan. Adapun kemampuan kapasitas olah data dibatasi oleh memori yang digunakan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peran operating system adalah utama dan sangat penting, sebab terdapat ketergantungan yang sifatnya langsung antara sistem operasi dengan program aplikasi dalam mengeksekusi program.

Berawal dari proses start up program microsoft windows, kemudian memanggil program melalui start menu maupun shortcut menu, sampai dengan proses eksekusi program microsoft excel, merupakan sederetan perintah dari user untuk memindahkan operating system dari external memory menuju internal memory hingga semua perintah yang diberikan kepada komputer dapat dikerjakan oleh microprocessor. Untuk kemudian memanggil program adalah rangkaian perintah user pada komputer yang diterima oleh operating system hingga program microsoft excel dibukia sesuai dengan prosedur eksekusi. Seluruh perintah user ditunjukkan langsung kepada program microsoft excel yang tetap berada di bawah koordinasi program microsoft windows. Oleh karena itu program microsoft excel merupakan program underwindows.

0 komentar: